edit

Beasiswa Pemerintah Federasi Rusia

Beasiswa ini adalah sebuah program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Federasi Rusia kepada mahasiswa dari berbagai Negara di belahan dunia, termasuk Indonesia. Tahun 2016 ini Indonesia mengirimkan sekitar 140 mahasiswanya untuk melanjutkan pendidikan di Negeri Beruang Merah, dan ini adalah jumlah terbanyak jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Beasiswa ini mencakup program S1, S2, S3, dan Spesialisasi.

Ada banyak “jalur” yang bisa diambil oleh mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa pendidikan di Rusia. Calon mahasiswa bisa mendaftar melalui Pusat Kebudayaan Rusia (PKR), Pusat Orietasi Rusia Indonesia (PORIN), Pemerintah Provinsi setempat (seperti Kalimantan Timur, Bali, Irian Jaya), atau pun daftar mandiri langsung ke kampus tujuan.




Jalur yang saya ambil kemarin adalah melalui Pusat Kebudayaan Rusia atau PKR. PKR ini terletak di Jalan Diponegoro no.12, Menteng, Jakarta Pusat. Biasanya PKR membuka pendaftaran beasiswa ini pada bulan Januari sampai Februari (Pendaftaran gratis). Setelah melakukan pendaftaran, berkas akan ditinjau  dan seleksi oleh pihak PKR, jika lolos maka akan calon penerima beasiswa akan masuk ke tahap wawancara yang diadakan pada bulan Maret.

Setelah wawancara, calon penerima beasiswa hanya perlu menunggu pengumuman diterima atau tidaknya saja. Jika lolos maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu menindaklanjuti berkas yang telah diserahkan ke PKR. Pemerintah Rusia hanya menerima berkas yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Rusia dan dilegalisasi oleh Negara. Peran PKR disini adalah membantu calon penerima beasiswa untuk penerjemahan dan pelegalan. Tidak menutup kemungkinan jika kandidat tersebut ingin mengurus hal ini secara pribadi.

Adapun berkas dan hal-hal yang perlu disiapkan:
1.       Form Pendaftaran (bisa diambil di PKR atau download dari website PKR)
2.       Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang sudah dilegalisir oleh sekolah atau PT.
3.       Untuk S1, fotokopi raport raport kelas 1-3 SMA/SMK minimal 8,0 atau “nilai ujian sekolah di ijazah SMA/SMK 8,0 dan nilai akhir di ijazah SMA/SMK 7,0 (khusus lulusan tahun 2013-2015) dengan usia maksimal 25 tahun
4.       Untuk S2, IPK minimal 3.20
5.       Untuk S3, hanya untuk lulusan Universitas di Rusia.
6.       Fotokopi hasil Medical Check-up yang sudah dilegalisir oleh RS
7.       Fotokopi akte kelahiran yang sudah dilegalisir Disdukcapil atau cap notaris.
8.       Fotokopi berwarna passport
9.       Pas Foto dengan ukuran 4x6 cm, warna latar putih
10.   Fotokopi sertifikat penghargaan
11.   CV, Surat Permohonan, dll yang bisa didownload di website PKR.

Catatan: Beasiswa ini hanya mencakup uang pendidikan dan uang bulanan dari Pemerintah Federasi Rusia (sekitar Rp 700.000/bulan) jadi untuk hal-hal diluar itu seperti kesehatan, transportasi, dll tetap harus menggunakan dana pribadi atau pun bantuan dari sponsor, baik pemerintah di Indonesia atau pun perusahaan.

Informasi lebih lengkap:




3 comments

  1. mas kampus nya dimana ?. dapat uang saku berapa dari russian government ?,.
    cost living berapa mas disana ?

    ReplyDelete
  2. Aa, dulu pas wawancara kiat2nya apa aja?

    ReplyDelete
  3. index:obathammer.id
    index:obatkuatcialis.id
    index:jualmaxman.com
    index:obathammerofthor.id

    ReplyDelete