edit

Tips dan Trik Mendapat Tiket Pesawat Murah

Beberapa bulan yang lalu saya mendapatkan sebuah tiket promo dari sebuah maskapai penerbangan. Sangat beruntung, saya mendapatkan “free seat” dari AirAsia untuk penerbangan PP Jogjakarta – Kuala Lumpur. Harga tiket yang saya dapatkan adalah Rp. 0, ya, nol, alias gratis. Lumayan! Walaupun sebenarnya harganya itu tidaklah murni gratis, tetap ada pajak bandara, tapi setelah dikenakan pajak bandara dari Jogja dan KL, uang yang saya bayarkan ini adalah hanya sekitar Rp. 350.000. Hanya? Kenapa hanya? Karena pada tariff normal itu untuk ke KL kita butuh 500 ribuan lah sekali jalan. Dan bahkan untuk travel ke beberapa tempat di Indonesia saja 350 ribu rupiah masihlah terbilang kurang. Sebelumnya juga saya pernah mendapatkan tiket Jakarta – Singapura seharga Rp. 80.000, lalu Bandung – Johor Bahru sehharga Rp. 120.000, dan Jakarta – Bangkok seharga Rp. 250.000 (pedahal normalnya 1 juta). Nah, disini saya akan berbagi sedikit tips dan trik untuk mendapatkan tiket murah. Check it out!

1) Pilih website pencari harga tiket termurah. Biasanya saya menggunakan Traveloka dan Tiket.com. Dua-duanya punya kelebihan masing-masing. Traveloka biasanya menawarkan harga lebih murah, tetapi loading lebih lama dan tidak praktis karena harus cek tanggal per hari/minggu. Tiket.com lebih praktis, bisa liat harga perbulan di kalendernya,, sehingga bisa melihat mana yang termurah, loading lebih cepat juga, tapi harganya cenderung lebih mahal (10-20rb) lalu banyak biaya-biaya tambahan. Satu lagi kelebihan Traveloka, bisa bayar cash di Indomaret! Kalau Tiket.com masih harus online.

2) Daftarkan alamat email kalian dan subscribe ke berbagai situs maskapai penerbangan. Daftar saja jadi member! Saya mendaftarkan email saya ke banyak situs maskapai seperti AirAsia, LionAir, TigerAir, Citilink, tidak lupa ke Traveloka dan tiket.com. Lalu jika ada penawaran untuk mengirim promo ke email kita, iyakan saja. Nantinya akan ada email masuk jika mereka sedang melakukan promo. Maskapai yang saya sebutkan tadi adalah yang paling sering melakukan promo. AirAsia adalah yang paling aktif mengirimkan email.

3) Jangan puas hanya memiliki kartu ATM, buatlah lagi berbagai metode pembayaran lain seperti M-Banking, SMS Banking, Kartu Kredit, dll. Kalau saya pribadi sih membuat Key BCA, sebuah alat untuk melakukan transaksi langsung di tempat, praktis bisa dibawa kemana-mana, ukurannya sebesar tamagochi.

4) Rajin-rajinlah membuka website maskapai dan cek harga sesuai penerbangan yang kita inginkan. Misalnya kita mau ke Banjarmasin, sering-sering saja cek tiket pesawat kesana. Nantinya akan muncul adware-adware (iklan) harga tiket kesana saat kita membuka website lain. Ini cukup membantu dan mengingatkan.

5) Jika mau membeli tiket untuk lebih dari satu orang lakukanlah dalam satu kali transaksi, jangan satu orang satu transaksi, jatuhnya nanti lebih mahal harganya.

6) Follow berbagai akun maskapai di twitter, suka ada tiket gratis dengan hanya kita membuat tweet tentang maskapai itu. Ini lumayan, walau peluangnya sangat kecil.

7) Rajin menabung, jauhi hal-hal yang membuat ketagihan seperti rokok, miras, dll. Bayangkan ini, merokok sehari 1 bungkus = 12.000, sebulan = 360.000, setahun = 4.320.000. Uang segitu bisa kita pake travel kemana aja coba? Keliling Asia Tenggara juga cukup!

8) Beli tiket minimal enam bulan sebelum perjalanan. Jangan mepet-mepet.

9) Cek kapan hari berdiri tiap maskapai. Biasanya AirAsia ngasih tiket gratis itu pas sekitaran hari ulangtahunnya. Sesuaikan nanti.


10) Rajin-rajinlah berdoa :D

2 comments

  1. Air asia sudah tak menarik lagi, promo nya sudah tak seperti yg dulu.
    Dulu jkt- kl pp cuman 120 ribu, jkt - dps pp cuman 10 ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas mungkin karena dulu masih baru ya, kawanku pun dari jakarta ke denpasar dapat 5 ribu perak. sekarang walaupun promonya kursi gratis tetep minimal punya 200 ribu -_-

      Delete