edit

Pasar Bolu Rantepao

Pasar Bolu merupakan sebuah pasar hewan yang terletak di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. Pasar ini mulai dibangun tahun 1990 dan mulai beroperasi pada tanggal 1994. Alamat dari Pasar ini sendiri adalah terletak di jalan Tedong Bonga. Komoditas yang dijual di pasar ini adalah ternak kerbau dan babi. Posisi pasar ini cukup strategis karena berbatasan langsung dengan pasar pagi, terminal Rantepao, perumahan warga, dan juga Dinas Peternakan Kabupaten Toraja Utara.
            Luas dari Pasar Bolu ini mencapai 4 ha. Waktu beroperasi pasar ini adalah mulai dari pukul 08.00-18.00 WITA. Setiap harinya ada sekitar 50-100 ekor kerbau yang dijual disana, namun pada hari pasar yang dilaksanakan setiap 6 hari sekali, jumlah kerbau yang dijualnya bisa mencapai 500 ekor.

            Kerbau-kerbau yang dijual di pasar ini tidak semuanya berasal dari daerah Toraja, banyak juga yang berasal dari luar Toraja, seperti dari daerah Kalimantan, Sulawesi Tenggara, Flores, NTT, NTB, dll. Jenis kerbau yang dijual pun bermacam-macam yaitu Tedong Sambao,Tedong Pudu, Tedong Todi,Tedong Bonga, Tedong Saleko, dan Lotong Boko. Setiap jenis kerbau memiliki ciri khas masing-masing dengan harga jual yang berbeda beda pula, mulai dari puluhan juta rupiah sampai satu milyar.



               

No comments

Post a Comment