edit

Travel Bloggers Indonesia

“Travel Blogger? Kok kedengerannya keren ya? Semacam nama pahlawan pembela kebenaran gitu.”
“Ah, itu mah Power Ranger :(“ 
Akhir-akhir ini aku semakin sering mendengar dan membaca mengenai travel blogger. Penasaran. Aku kira bagi beberapa orang istilah ini sudah tidak asing, tapi bagi beberapa orang juga pasti istilah ini masih sangat asing.

Mungkin jauh disana ada orang yang bertanya-tanya, "travel blogger ini makanan jenis apa sih? Enak ga ya?"
Jika boleh aku analogikan dengan makanan, travel blogger ini pasti sejenis makanan khas dari suatu daerah yang sulit ditemukan di daerah lain, dan tidak semua orang berani untuk memakannya. Ada bumbu khas di dalamnya. Ada rasa unik yang terasa di gigitan pertamanya, dan kepuasan sendiri setelah kita menelannya.


Mungkin juga jauh disana, di dalam sebuah rumah yang berisi para gamers, ada yang bertanya, "travel blogger? Game macam apa itu? Susah ga?"
Jika travel blogger ini adalah sebuah game, pastinya akan menjadi sebuah game yang sangat menyenangkan. Game yang terdiri dari berbagai level, dari mulai easy, medium, hard, atau bahkan very hard. Tapi yang pasti game ini terdiri dari jumlah level yang tidak terbatas. Game yang mempunyai banyak trik dan cheats, yang tidak akan ada seorang pun tau kapan pemainnya akan menang ataupun “Game Over”.

Kemudian jauh disana, di rumah dengan orang yang hanya menyalakan tv untuk menonton sepak bola, muncul pertanyaan, "travel blogger? Pemain mana tuh?"
Andaikata travel blogger ini adalah pemain bola, pasti dia adalah seorang pemain yang sering berpindah-pindah klub. Pemain yang bermain sepak bola bukan karena gaji tinggi, tapi pemain yang senang mencari pengalaman baru dan selalu berusaha mencetak prestasi di setiap klub yang dia singgahi.

“Jadi, sebenarnya travel blogger itu apa? Dimana kita menemukannya?”
Jawabannya mudah, travel blogger bisa  kita temukan di dalam jiwa orang-orang yang senang berpetualang dan senang membagikan cerita petualangannya ke banyak orang.

Menurutku, travel blogger ini adalah sebuah generasi baru dari para travel writer atau penulis perjalanan. Jika seorang travel writer dituntut untuk memiliki keahlian di bidang menulis dan melakukan perjalanan saja, maka travel blogger lebih. Selain dituntut untuk pandai menulis dan melakukan suatu perjalanan, seorang travel blogger juga dituntut untuk memiliki keahlian di bidang fotografi, dan tentu saja harus mengerti mengenai blog. Karena hal yang harus dijual oleh seorang travel blogger tidak melulu soal tulisan, tapi banyak hal pendukung lainnya.

Bagiku, travel adalah satu hal yang mesti kita bayar yang bisa membuat kita lebih kaya. Dan menulis, bagiku menulis adalah pekerjaan yang bisa membuat orang lain kaya tanpa harus kita memberi uang padanya.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak orang-orang yang muai mendeklarasikan dirinya sebagai travel blogger. Wajarlah, Indonesia merupakan salah satu Negara yang sangat kaya akan tempat wisatanya. Wisata alam, budaya, arsitektur, religi, semua ada di Indonesia!

Kehadiran para travel bloggers di Indonesia ini menjadikan pintu masuk mengenai suatu daerah yang ada di Indonesia ini lebih terasa dekat. Tidak hanya Indonesia, tapi Negara yang lain juga. Para travel blogger ini merupakan orang-orang yang walaupun mereka bukan pahlawan, bukan polisi, bukan tentara, dan bukan menteri, tapi mereka bisa menunjukkan rasa bakti dan bangga mereka terhadap Indonesia.

Semakin hari, semakin banyaklah hasil karya dan jumlah travel bloggers di Indonesia. Tentunya akan sangat baik apabila hasil karya dan bakat yang mereka miliki itu tersalurkan. Bersyukurlah, karena pada akhirnya terbentuk sebuah komunitas yang mewadahi para travel blogger asal Indonesia ini. Komunitas ini bernama Travel Bloggers Indonesia atau disingkat TBI yang terkumpul di situs travelbloggersindonesia.com.

Kemunculan TBI ini semakin memudahkan bagi mereka, para travel blogger dan para calon travel blogger, untuk belajar mengenai bagaimana cara menulis sebuah catatan perjalanan atau pun sekedar ingin mengetahui tempat-tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Orang-orang yang tergabung di komunitas ini pun sangat menarik, memiliki kemampuan dan ciri khas unik dalam menulis serta banyak juga yang memiliki keahlian di bidang fotografi serta blogging.

Motivasi aku sendiri untuk bisa bergabung dengan TBI adalah untuk menambah relasi dan belajar dari mereka baik itu mengenai traveling, writing, atau pun blogging. Aku rasa orang-orang yang tergabung dengan komunitas inia adalah orang-orang yang memiliki kreatifitas dan keberanian lebih dalam berpetualang.

Semoga dengan adanya wadah bagi para travel bloggers asal Indonesia ini bisa semakin memajukkan kehidupan bangsa Indonesia, bisa memunculkan rasa bangga menjadi Warga Negara Indonesia.


1 comment

  1. Kuring menyakiti sareng haté ngejat mun aya dina masalah anu ageung lumangsung dina perkawinan abdi tujuh bulan ka tukang, di antara kuring jeung salaki kuring. jadi pikasieuneun pisan yén anjeunna nyandak hal ieu ka pangadilan pikeun cerai. anjeunna nyarios yén anjeunna moal resep deui sareng abdi, sareng anjeunna moal bogoh ka abdi deui. Anjeunna anjeunna dipak kaluar-bumi sareng ngajantenkeun abdi sareng murangkalih abdi ngaliwat nyeri parna. Abdi nyobian sadaya cara anu tiasa waé pikeun nyayogikeun deui, teras nyuhunkeun, tapi sadaya teu ngeakeun.in anjeunna parantos nyarios yén anjeunna parantos nyieun kaputusan, sarta anjeunna henteu pernah hoyong ningali kuring deui. Janten dina hiji sore, nalika abdi ucing deui tina pagawean, abdi pendak sareng sobat guna anu sanés nanyakeun ka salaki kuring. Ku kituna abdi ngécéskeun unggal hal manéhna, jadi anjeunna ka kuring yén hiji-hijina cara anu tiasa nampi ku salaki deui, nyaeta ngadatangan caster mantra, sabab estu digawé pikeun anjeunna teuing.So abdi pernah percanten ngeja, tapi abdi teu boga pilihan sejen, ti turutan nasihat-Na. Lajeng anjeunna masihan abdi Email alamat tina mantra mantra anu ngadina. Janten isuk-isuk anu sanés, abdi ngirimkeun surat kana alamat anu anjeunna masihan ka abdi, sareng mantra mantra ngajénkeun yén abdi bakal nampi salaki kuring dina poé saterusna. Naon hiji pernyataan endah pisan !! Kuring pernah percaya, ku kituna anjeunna nyarios sareng abdi, sareng ka abdi sadayana anu kedah abdi lakukeun. Mukang isuk-isuk isuk-isuk, surprta héran, salaki kuring anu henteu nyambung kuring kanggo 7 bulan terakhir, masihan kuring telepon pikeun nginpokeun ka kuring yén anjeunna nuju balik. Jadi Endah pisan Ku kituna ieu pisan kumaha anjeunna parantos sumping deui dina dinten anu sami, kalayan seueur kaasih sareng kabagjaan, sarta hapunten hapana, sareng ka nyeri anu anjeunna disababkeun abdi sareng barudak urang. Lajeng ti dinten éta, hubungan kami ayeuna leuwih kuat batan kumaha sateuacanna, ku bantuan Dr. WEALTHY. Ku kituna, abdi bakal saran anjeun kaluar upami anjeun ngagaduhan masalah ngahubungan anjeunna, abdi masihan abdi 100% jaminan anu anjeunna bakal nulungan anjeun .. Surélék anjeunna dina: wealthylovespell@gmail.com, atanapi anjeun Whatsapp anjeunna. + 2348105150446 Hatur nuhun asoooo teuing !!!

    ReplyDelete