edit

Makam Tebing di Kalimantan

Mungkin kita sudah tidak asing dengan cerita mengenai pemakaman Suku Toraja, Sulawesi. Jenazah dari sanak famili mereka tidak mereka kuburkan, melainkan mereka simpan diatas tebing. Ternyata tradisi seperti ini pun ditemukan di Kalimantan.

Berlokasikan di Desa Merasa, Berau, kalimantan Timur. Desa ini merupakan salah satu pemukiman dari Suku Dayak. Di desa ini ada sebuah sungai bernama Sungai Kelay, dimana di tepi-tepi sungai ini terdapat beberapa tempat bersejarah.

Ada beberapa tebing di tepi sungai tersebut yang memiliki gua, dimana di dalam gua tersebut terdapat berbagai peninggalan orang-orang terdahulu mereka. Ada banyak peti mati yang terbuat dari kayu di gua tersebut. Beberapa peti mati dilengkapi ukiran yang berbentukj menyerupai monyet sedang bergelantungan. Di gua ini pun terdapat beberapa peninggalan lain seperti tombak, dayung, dan peralatan lain.

Sayangnya sudah banyak peninggalan yang hilang akibat ulah-ulah manusia tak bertanggung jawab. Ditambah lagi hanya ada sedikit orang yang mengetahui mengenai asal usul makam ini. Pak Andreas, salah satu tetua di Desa Merasa, berkata "saya tidak banyak mengetahui mengenbai sejarah makam itu, yang saya tahu orang-orang yang dimakamkan diatas gua tersebut adalah mereka yang mati pada saat musim panen, karena jenazah mereka tidak boleh dikuburkan dalam tanah".









No comments

Post a Comment