edit

Bandung, Barcelona van Java



Buat kalian yang suka nonton bola, khususnya  para Bobotoh dan Cules, pasti langsung ngeuh kalau liat gambar diatas. Yap, gambar itu adalah gambar hasil perpaduan lambang tim Barcelona dan Persib Bandung, nah loh? lalu apa hubungan nya?

Jadi gini gan, di artikel ini saya mau membahas tentang kemiripan-kemiripan antara Bandung dan Barcelona, yaaaaaa walaupun secara tata kota dan kesejahteraan masyarakatnya masih jauh beda sih.

Bandung misalnya, dari dulu selalu melahirkan tokoh-tokoh besar nasional. Soekarno, Natsir, Habibie, AH. Nasution, Oto Iskandar Dinata —– untuk menyebut beberapa—– lahir dari “Panggung Bandung”.   Bandung itu bagaikan Barcelona. Dalam catatan sejarahnya, Barcelona dikenal selalu berani berbeda pendapat dengan Madrid, ibukota Spanyol. Barcelona selalu berani melawan Madrid bila kebijakan ibukota Spanyol itu bertentangan dengan kepentingan umum.
 
Begitu pun dalam sepak bola, Persib Bandung adalah musuh bebuyutan tim asal ibu kota, Persija Jakarta. Hal ini tidak jauh beda dengan FC Barcelona yang juga menjadi musuh bebuyutan tim asal ibu kota Spanyol, Real Madrid. (Yaa kalau masalah skill mah jangan dibandingin lah...)

Selain dalam hal politik dan sepak bola, masih ada kesamaan antara Bandung dan Barcelona, yaitu dalam hal pariwisata. Kedua kota ini merupakan tujuan para wisatawan baik lokal mau pun asing. Keindahan alam dan arsitektur bangunan dart kedua kota ini sangat memanjakan mata para wisatawan. Namun dalam pengelolaan dan tata letak kota, tentunya Bandung masih harus belajar dari Barcelona.

Tata kota Bandung

Bandung, terlihat sangat padat

Tata Kota Barcelona

sangat rapih, seperti main game

Wooooow, dalam hal tata kota ini semua orang pasti setuju kalau Bandung masih sangat jauh dengan Barcelona. Kota Bandung terlihat sangat padat dengan kesenjangan sosial yang begitu jelas, berbeda dengan Barcelona, siapa pun yang melihat pasti kagum akan tata kota yang rapi dan indah ini.

Semoga suatu hari Bandung bisa menjadi seperti ini, Barcelona van Java :)

1 comment