edit

Subang Indramayu Cuma Seribu


Akhir-akhir ini aku sering melihat dan juga membaca mengenai tulisan para travel writer yang sepertinya saling berlomba untuk pamer siapakah yang bisa traveling ke suatu tempat dengan harga seminimal mungkin. Sebagai contoh: “Keliling Yogyakarta 200 Ribu Aja” , “Bandung-Singapura 500 Ribuan” , “1 Juta Jelajah Korea” , dan sebagainya. Tulisan mereka ini memang keren, membuat aku penasaran untuk bisa mencobanya.

Sampai sekarang ini aku memang masih belum bisa mengikuti jejak mereka. Belum kesampaian. Tapi, hari Minggu kemarin ternyata aku mendapat sebuah pengalaman baru yang aku rasa aku harus menceritakannya ke orang-orang. Memang tidak se-wah atau se-heboh seperti judul cerita diatas, tapi kurasa ini patut dicoba, apalagi ini ada di negeri kita sendiri, Indonesia. Minimal kita tau lah.

Jadi pada saat itu aku sedang berjalan-jalan di Pantai Kalapaan Subang, kebetulan aku sedang melaksanakan KKN di Desa Rancadaka, sekitar 8 km dari pantai itu. Aku berjalan bersama dua orang rekanku, Arif dan Andrian, awalnya kami hanya iseng-iseng saja membunuh waktu. Saat sedang berjalan-jalan tanpa sengaja kami melihat sekumpulan orang-orang yang sedang mengantri. Karena penasaran maka kami pun menghampirinya. Terlihat orang-orang yang menyebrangi sungai dengan menggunakan perahu rakit.

Kami pun masuk ke antrian, ikut berbaris, kami masih belum tau sebenarnya kemana kami akan pergi. Setelah menunggu sekitar beberapa menit akhirnya tiba giliran kami, kami pun bergegas naik ke atas perahu rakit. Setelah naik aku sempat bertanya pada seseorang yang ada di rakit itu mengenai tempat disebrang, ternyata tempat yang ada disebrang kami adalah Desa Ujung Gebang, masuk ke wilayah Indramayu. Sementara tempat kami menyebrang masih termasuk wilayah Subang, yaitu Desa Terungtum. Ternyata sungai ini merupakan perbatasan antara Subang dan Indramayu. Wow!


Dalam sekali penyebrangan ada sekitar 10-20 orang yang naik ke atas perahu rakit, termasuk mereka yang membawa motor. Waktu yang dibutuhkan untuk menyebrang juga hanya sebentar, sekitar 2 menit, jaraknya juga hanya sekitar 10 meter. Perahu rakit ini digerakkan dengan menarik tali tambang yang sudah diikatkan menyebrangi sungai. Ada sat orang yang bertugas untuk menarik tambang dan dua orang yang mengatur barisan serta menarik uang dari para penumpang. Biaya untuk satu kali penyebrangan pun haya seribu rupiah, murah kan?

Sebelum lanjut cerita, mari kita bayangkan dulu, jika diasumsikan dalam 5 menit ada dua penyebrangan yang dilakukan, maka dalam satu jam ada 12 buah penyebrangan. Kemudian dalam satu kali penyebrangan kita asumsikan ada 10 orang yang menyebrang. Berarti dalam satu jam ada 120 orang yang menyebrang. Bearti dalam satu jam penarik perahu rakit ini bisa menghasilkan uang 120 x 1.000 = Rp 120.000. Bayangkan jika dalam sehari mereka bekerja selama 12 jam, maka mereka menghasilkan 120.000 x 12 = Rp 1.440.000. Lumayan, ini baru dalam satu hari. Belum lagi jika ada yang mebayar lebih. 

Ternyata perahu rakit itu merupakan akses terdekat penghubung Desa Terungtum Subang dan Desa Ujung Gebang Indramayu, jika tidak menaiki rakit ini mereka harus berjalan lebih jauh lagi. Sederhana tapi banyak manfaatnya. Awalnya aku heran kenapa tidak dibuat jembatan saja, tetapi ternyata di sungai itu juga masih sering dilalui oleh banyak perahu nelayan, sehingga akan menghalangi seandainya ada jembatan disitu.

Setelah sampai di Desa Ujung Gebang, kami pun bergegas melanjutkan perjalanan kami. Dari tempat kami turun dari rakit kami berjalan sekitar sepuluh menit sampai akhirnya kami menemukan sebuah tempat yang ku rasa sangat unik. Ada pemandangan berupa mangrove, rawa, sawah, serta domba-domba yang melompat dan mencari makan. Sangat indah, sekilas mirip New Zealand, walaupun aku belum pernah kesana. Ada juga kincir angin yang membuat seolah kami sedang berada di Belanda. Ah, pokoknya keren! Namun ada yang kami sayangkan, sampah, banyak sekali sampah. Setelah melihat sampah-sampah itu lah kami jadi sadar bahwa kami masih di Indonesia. Sayang sekali.
Setelah terus berjalan dan bertanya-tanya ke warga sekitar ternyata kami sedang berada di Pantai Bali Tanjung Pura, salah satu pantai wisata di Indramayu. Tidak terasa ternyata hanya butuh beberapa menit saja kami bisa menjelah dua pantai yang berbeda di kota yang berbeda. Sebelumnya kami memang baru saja dari Pantai Kalapaan untuk menyaksikan Pesta Laut.



Yap, aku memang suka berjalan-jalan tanpa tau tujuan. Selalu banyak kejutan!







No comments

Post a Comment