edit

Cara Menyapa dalam Bahasa Rusia

 Bahasa Rusia semakin populer saja di kalangan muda mudi Indonesia. Perkembangan teknologi membuat siapa saja bisa dengan mudah berkomunikasi lintas negara. Tentu saja, orang dari berbagai negara akan berkomunikasi dengan bahasanya masing-masing. Kebanyakan dari mereka mungkin bisa berbahasa Inggris, tapi tidak sedikit juga yang tidak bisa.

Salah satu platform paling populer untuk menemukan orang dari negara lain adalah Ome TV atau Omegle. Ada juga lho beberapa YouTuber Indonesia seperti Fiki Naki atau Turah Parthayana yang sering membuat konten dengan platform tersebut. Salah satu pengguna terbanyak datang dari Rusia, sayangnya kebanyakan dari mereka lebih senang berbicara menggunakan Bahasa Rusia. Nah, jika kamu menemukan orang Rusia, kira-kira bagaimana ya cara menyapa mereka? 

Tenang saja, agar kalian tidak bingung, kami sudah rangkumkan beberapa sapaan yang umum digunakan oleh orang Rusia. Mau tau apa saja? Langsung aja dibaca sampai selesai ya!

1.       1. Здравствуйте (Zdrastvuyte)

Jika kita mengeja kata ini huruf per huruf, yakni zdravstvuytye, yang ada kita bakal pusing dan lidah kita malah bisa keseleo.  Orang asli Rusia ini ngomongnya cepet jadi ucapan ini lebih terdengar menjadi zdrastvuyte atau bahkan zdrastuce. Perlu diingat bahwa salam ini diucapkan jika kita ada dalam situasi formal. Misalnya saat kita sedang di suatu seminar, saat pelajaran di kelas, saat bertemu orang yang lebih tua, atau pun bertemu orang baru. Sapaan ini menunjukkan bahwa kita menghormati mereka.

 

2.       2. Здравствуй (Zdrastvuy)

Hampir sama dengan nomor pertama, sapaan ini juga cukup formal dan memang terdengar lebih kasual. Sebagai catatan, akhiran –TE pada Bahasa Rusia, menunjukkan tingkatan yang lebih sopan.

 

3.       3. Алло (Allo)

Kata ini lebih sering diucapkan pada saat memulai percakapan di telepon dan jarang ditemui pada percakapan langsung. Kata ini tentu saja sangat mudah bagi siapa pun karena memang ucapannya mirip seperti Hallo pada Bahasa Inggris yamh juga sudah menjelma menjadi sebuah sapaan yang mendunia.

 

4.       4. Привет (Privyet)

Привет adalah sapaan informal yang sangat umum. Ini digunakan seperti kata bahasa Inggris "hai". Karena mudah dan umum, Anda mungkin sering menggunakan yang ini

 

5.       5. Приветик (Privyetik)

Sama halnya seperti Привет hanya saja dibuat lebih terdengar unyu. Biasa digunakan oleh sahabat yang sudah sangat akrab, atau juga oleh pasangan.

 

6.       6. Хаюшки (Khayushki)

Jarang terdengar, kecuali jika kamu lagi jalan-jalan bareng anak hypebeast Rusia. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris, artinya akan mirip seperti “Hey-Yo!”.

 

7.       7. Здорово (Zdarova)

Здорово adalah sapaan informal yang dapat digunakan seperti "hei." Namun, penting untuk memperhatikan konteks dan aksennya. Kata ini diucapkan Zdarova (penekanan di O yang ke-dua).




No comments

Post a Comment