edit

Aturan Pemberian Nama Orang Rusia

 

Mungkin sebagian dari kita bingung, kenapa nama orang Rusia terdengar monoton alias itu-itu saja? Beda rasanya dengan nama orang Indonesia, Inggris, atau Amerika Serikat yang terdengar lebih bebas atau mengikuti trend zaman. Hal tersebut sebenarnya bukan tanpa alasan. Sejak zaman dahulu orang Rusia memang cenderung lebih senang memberi nama anak mereka secara tradisional dan terinspirasi dari nama-nama hari dan santo di kalender Gereja Ortodoks. Bagi sebagian orang Rusia terdahulu, pemberian nama adalah hal yang lebih penting dari tanggal lahir itu sendiri.

Pada tahun 2019, sebuah survei menunjukkan bahwa nama paling popular di Rusia pada tahun tersebut adalah Alexander (untuk lelaki) dan Sofia (untuk wanita). Alexandr sendiri memiliki arti sebagai “pelindung”, sementara Sofia berarti “kebijaksanaan”. Selain itu, nama popular lain di Rusia di antaranya: Dmitry, Maksim, Sergey, ivan untuk lelaki dan Anna, Anastasia, Olga, Maria untuk perempuan. Semua nama itu pun memiliki arti yang bagus.

Nama orang Rusia pun terdiri dari 3 bagian, yaitu nama depan, patronim, dan nama keluarga. Sesuai dengan aturan gender dalam Bahasa Rusia, pemberian nama juga harus disesuaikan sesuai jenis kelamin. Jika laki-laki, maka nama harus berakhir dengan huruf konsonan dan jika perempuan maka harus diakhiri dengan huruf A atau R.


Sebagai contoh, ada sepasang saudara dan saudari bernama Alexander Popov dan Anna Popova. Ayah mereka bernama Vladimir Popov, maka nama lengkap mereka adalah Alexander Vladimirovich Popov dan Anna Vladimirovna Popova. Sedangkan jika ayah mereka bernama Konstantin Popov, maka nama mereka akan menjadi Alexander Konstantinovich Popov dan Anna Konstantinovna Popova.

Perlu diketahui juga bahwa di Rusia tidak lazim memanggil seseorang dengan sebutan “Mr.” atau “Mrs.” Agar terdengar lebih sopan. Bagi mereka, memanggil seseorang menggunakan nama depan dan patronim, atau bahkan dengan nama keluarga adalah sebuah tanda penghormatan.

Ada juga hal menarik lainnya, bagi kalian yang pernah tinggal di Rusia, atau memiliki teman dari sana pasti berpikir, bagaimana bisa sebuah nama memiliki berbagai panggilan. Tentu saja hal tersebut pun lazim bagi orang Indonesia, tapi bagi orang Rusia, pemberian nama panggilan pun ada aturannya. Mari kita ambil contoh kembali dengan nama Aleksander. Biasanya orang-orang akan memanggil dengan nama “Aleksander” jika sedang dalam situasi formal, misalnya di sekolah, rapat, kantor, atau lainnya. Namun, jika dalam situasi non-formal, teman dan keluarga bisa memanggilnya dengan nama “Sasha”. Tidak cukup sampai di situ, masih ada nama panggilan lainnya, yaitu:

·       Sashenka – panggilan akrab sebagai bentuk perhatian dari keluarga atau saudara

·       Sashulya – panggilan saying yang mungkin dilakukan oleh pacar atau sahabat deat

·       Sashka – sebagai variasi yang lazim digunakan oleh yang sudah kenal, tapi akan tidak sopan jika dilakukan oleh orang asing

Perubahan nama tersebut bisa juga dibilang sebagai “diminutive”. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan berbeda pada suasana yang berbeda, dan sebagai indicator kedekatan di antara mereka.

Untuk perubahan nama ini, berikut adalah beberapa contoh yang popular:

Ekaterina – Katya – Katyusha
Maria – Masha – Mashenka
Ivan – Vanya – Vanechka
Dmitry – Dima – Dimochka 
Mikhail – Misha – Mishenka

Eits jangan salah, ada rumusnya juga lho! Nih:

           -sh-: Ma(ria) → Masha, Pa(vel) → Pasha, Mi(khail) → Misha, Da(rya) → Dasha, (A)le(ksey) → Lyosha, (Alek)sa(ndr) → Sasha;

           -n-: Ma(ria) → Manya, So(fya) → Sonya, Ta(tyana) → Tanya, Ga(vriil) → Ganya, Ge(nnadiy) → Gena, (An)to(nina) → Tonya, A(nna) → Anya;

           -k-: (Fe)li(zia) → Lika, I(gor') → Ika, Mi(khail) → Mika;

           -s- dan -us-: Lyud(mila) → Lyuda, (A)ga(fya) → Gasya, (Ev)d(okiya) → Dusya dll..

 

Ada juga yang perubahannya cukup membingungkan, misalnya Vladimir menjadi Vova, Evgeny menjadi Zhenya, Alexei menjadi Lyosha, dan Vyacheslav menjadi Slava. Mungkin akan terdengar sulit dan aneh pada awalnya. Namun lama-kelamaan kalian akan terbiasa jika terus membaca berbagai cerita dari Rusia.




No comments

Post a Comment