edit

Adu Kerbau di Pasar Bolu



Pada Hari Rabu, tanggal 18 Maret 2015, da sebuah pemandangan unik di Pasar Hewan Bolu, Rantepao, Toraja Utara. Orang-orang berkumpul membentuk lingkaran besar di area dekat pasar. Ternyata mereka sedang menyaksikan dua ekor kerbau yang sedang bertarung untuk menentukan siapa yang lebih kuat. 

Pasar Bolu sendiri merupakan sebuah pasar hewan yang khusus menjual kerbau. Hari pasar di Pasar Bolu ini diadakan setiap enam hari sekali. Dimana pada setiap hari pasar diperkirakan ada 500-800 ekor kerbau yang dipajang dan dijual. Dengan jumlah kerbau sebanyak ini, maka pasar ini dinobatkan sebagai Pasar Kerbau terbesar di Indonesia bahkan di dunia.

Di setiap hari pasar, ada ratusan pedagang yang berasal dari berbagai daerah, baik dari daerah Toraja atau pun luar Toraja. Mereka sengaja datang ke Pasar Bolu untuk menjual kerbaunya. Harga kerbau di Tana Toraja sendiri terbilang sangat fantastis. Mulai dari puluhan juta hingga milyaran rupiah, tergantung kerbaunya. Tinggi rendahnya harga kerbau dilihat dari keunikan kerbau itu sendiri. Kerbau yang memiliki nilai tinggi adalah jenis kerbau bule atau belang, yang memiliki kulit tubuh berwarna putih, atau biasa dikenal juga sebagai albino. Selain kulit, warna tanduk yang kuning juga akan membuat harga kerbau meningkat. Warna mata dan ukuran tubuh pun menjadi indikator penilaian.


Jam operasional pasar ini adalah dari jam 07.00 – 18.00 WITA, namun biasanya mulai ramai pada jam 09.00. Kerbau-kerbau ini diantarkan ke Pasar Bolu dengan menggunakan mobil bak terbuka hingga truk. Sehingga pada hari pasar selain ramai oleh kerbau, pasar ini juga penuh oleh kendaraan angkut.


Adu kerbau sendiri merupakan hiburan tersendiri bagi orang-orang yang berada di pasar. Tapi, selain sebagai hiburan, ternyata adu kerbau ini juga merupakan ajang bagi pemilik kerbau untuk meningkatkan harga jual kerbaunya. Siapa yang menang, harga jualnya akan naik. Namun, penonton adu kerbau disini diharapkan berhati-hati, karena arena adu kerbaunya sama sekali tidak dilengkapi pembatas, dan tidak ada wasit dalam pertandingan ini. Jadi jika kerbau tiba-tiba berlari ke arah penonton, ya, siap-siaplah berlari sekencang-kencangnya.
syasana di dalam pasar bolu

kerbau ratusan juta

No comments

Post a Comment